Ebook Modul Tutorial Penjaminan Kualitas Data Spasial untuk OpenStreetMap (OSM)

Ebook: Penjaminan Kualitas Data Spasial OpenStreetMap (OSM)

March 30, 2018 40 0 1

Peta merupakan sarana yang bagus untuk penyampaian informasi. OpenStreetMap (OSM) adalah alat untuk membuat serta berbagi informasi dalam peta. Siapapun dapat berkontribusi di OSM dan ribuan orang akan menambahkan data baru di OSM setiap harinya. Hal yang paling penting dari OSM adalah peta yang anda buat akan disimpan di internet dan siapapun dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun secara bebas dan terbuka.

Sifatnya yang terbuka mengakibatkan OSM dapat menerima data apa saja oleh siapa saja tanpa harus melalui persetujuan dari pihak manapun. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan berkurangnya kualitas data yang ada di OSM. Oleh karena itu demi menjaga kualitas data OSM khususnya di Indonesia, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia membuat sebuah panduan untuk menjaga kualitas serta validasi data untuk para pengguna OSM. Hal ini bertujuan agar data OSM di Indonesia bisa semakin lebih baik kualitasnya sehingga bisa dengan aman dan ‘nyaman’ digunakan.

READ  Cara Download Peta RBI (Rupabumi Indonesia) Digital (shp/gdb) Gratis

Dalam panduan di atas dijelaskan berbagai macam cara untuk bisa menjaga kualitas data yang ada di OSM menggunakan perangkat lunak ataupun website yang menyediakan kemampuan tersebut. Selain itu akan dijelaskan juga bagaimana agar bisa memaksimalkan pemanfaatan OSM dalam berbagai macam kebutuhan. Panduan di atas harapannya dapat menjadi salah satu acuan dalam melakukan validasi serta menjaga kualitas data OSM oleh para pengguna OSM di seluruh Indonesia.

Sumber: HOT & DMInnovation. Penjaminan Kualitas Data untuk OpenStreetMap. Public Domain

Ebook: Penjaminan Kualitas Data Spasial OpenStreetMap (OSM)
5 (100%) 6 votes

Tags: cara, data spasial, ebook, kualitas data, modul, openstretmap, osm, panduan, tutorial Categories: Data Spasial, Ebook, Modul, OpenStreetMap, OSM, Peta
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *