Tutorial Konsumsi Layer WMS WFS dari Geoserver ArcGIS Server dengan QGIS

Cara Menambahkan & Membuka Layer WMS – WFS dengan QGIS

July 7, 2018 69 2

Melalui tulisan sebelumnya telah dibahas terkait apa itu WMS (Web Map Services), WFS (Web Feature Services), dan beberapa GeoSpasial Web Services Lainnya. Monggo dibaca dulu bagi yang masih asing dengan istilah-istilah tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa di Indonesia ini bisa dikatakan tersedia cukup banyak data-data spasial berupa WMS dan WFS. Terutama dengan semakin banyaknya simpul-simpul jaringan data geospasial nasional (GIS Server Indonesia), baik tingkat Kementerian/Lembaga, ataupun pemerintahan tingkat daerah. Apa saja alamat atau link dari simpul jaringan (Server SIG) tersebut bisa di cek di tulisan ini.

Meskipun Saya pribadi tidak berani menjamin dari sekian banyak simpul jaringan itu berisi data-data yang terbaru, namun nyatanya memang belum banyak yang memanfaatkannya. Bahkan membuka datanya saja belum pernah. Mungkin.

Melalui tulisan ini akan kita kupas bagaimana cara mengonsumsi (memanggil/membuka/mengunduh) data geospasial yang sudah berupa gis services, karena boleh jadi kebanyakan orang belum memanfaatkan lantaran tidak tahu caranya. FYI, sebenarnya data web services semacam WMS dan WFS ini bisa dipanggil ke dalam web GIS maupun ke dalam platform SIG desktop. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah untuk platform desktop, khususnya QGIS (sekalian kampanye penggunaan software open source, hehe).

  • Simpul Jaringan Berbasis GeoServer
READ  E-book: Tutorial Data Analysis using QGIS and InaSAFE [Beginner Level]

Sifatnya yang gratis, platform GeoServer ini banyak digunakan oleh pemerintah daerah (kabupaten/kota dan provinsi) di Indonesia untuk membangun GIS Server dan berbagi data geospasial berupa web services (WMS, WFS, dll). Contoh geoserver yang digunakan adalah http://geoportal.sumselprov.go.id:8080/geoserver/web, yang layers-layersnya support WMS dan WFS.

Workspace Geoserver

Bagian yang ditandai dengan kotak merah (ADMIN, KUGI, BiroPemerintahan, PSDA, dan PUBMTR) adalah workspace dalam geoserver.

Bagaimana cara menambahkan, membuka, dan mengunduh data-data spasial dari Geoserver menggunakan QGIS? Caranya adalah buka dulu software (perangkat lunak) QGIS, dan masuk menu Layer >> Add Layer >> 1) Add WFS Layer / 2) Add WMS/WMTS Layer

Add Layer

WFS (Web Feature Services)

Add WFS Layer

Catatan: Nama connection bebas, namun yang harus tepat adalah URL dari Web Feature Services. Pada contoh URL WFS di atas dicantumkan “KUGI” untuk menspesifikkan layers hanya yang ada dalam workspace tersebut. Jadi “KUGI” bisa diganti dengan nama workspace lain yang ada dalam GeoServer, pun bisa pula tanpa mencantumkan workspace jika ingin semua layers WFS masuk ke dalam list ketika tombol “connect” diklik.

Layer WFS dapat disimpan/download dalam bentuk shapefile (*.shp) setelah diinputkan kedalam QGIS. Caranya adalah klik kanan layer >> Save As.

READ  Ebook: Tutorial Menganalisis Data dengan QGIS dan InaSAFE [Tingkat Dasar]

Download WFS

WMS (Web Map Services)

Add WMS Layers

Catatan: Sama dengan pada WFS, pengaturan nama connection bebas, tetapi yang harus benar ialah URL dari Web Map Services. Pada contoh URL WMS di atas disertakan “ADMIN” untuk menspesifikkan layers hanya yang ada dalam workspace tersebut. Jadi “ADMIN” dapat diganti dengan nama workspace lain yang ada dalam GeoServer, bahkan bisa pula workspace tidak disertakan dalam link jika ingin semua layers WMS dalam Geoserver masuk ke dalam list ketika tombol “connect” diklik.

  • Simpul Jaringan Berbasis ArcGIS Server

Sifatnya yang berharga mahal, platform ArcGIS Server lebih banyak dipakai oleh Kementerian/Lembaga di Indonesia untuk membangun Server SIG dan sharing data geospasial berupa web services (WMS, WFS, dll). Kenapa Kementerian/Lembaga tidak pakai yang opensource? Mungkin kebanyakan duit, gan. Hehe. Tapi, denger-denger beberapa ada yang mau migrasi ke opensource.

ArcGIS Server Dukcapil

Contoh ArcGIS Server yang digunakan adalah http://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/arcgis/rest/services, yang layers-layersnya support Map Services dan Feature Services.

Lalu, bagaimana cara menambahkan, membuka, dan mendownload data-data geospasial dari ArcGIS Server dengan QGIS? Buka dahulu software (perangkat lunak) QGIS, dan masuk menu Layer >> Add Layer >> 1) Add ArcGIS MapServer Layer / 2) Add ArcGIS FeatureServer Layer

READ  Membuat WebGIS Interaktif dengan CARTO Editor/Builder (Tanpa Koding)

Add ArcGIS Server Layer

Feature Services

Add FeatureServer Layer

Catatan: Nama connection bebas, namun yang harus tepat adalah URL dari Feature Server. Pada contoh URL di atas akan memanggil services sekolah, yang terdiri dari data spasial sebaran playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Sebagaimana layer WFS dari GeoServer, Feature Services dari ArcGIS Server juga bisa disimpan/download dalam bentuk shapefile (*.shp) setelah diinputkan kedalam QGIS. Caranyapun sama persis, cukup klik kanan layer >> Save As, lalu tentukan lokasi penyimpanan beserta nama shapefile, dan klik “OK”.

Map Services

Add MapServer Layer

Catatan: Sama dengan pada Feature Services, pengaturan nama connection bebas, tetapi yang harus diperhatikan ialah URL dari Map Server. Pada contoh URL di atas akan memanggil services sekolah, yang terdiri dari data sebaran playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Sekian tutorialnya, kalau ada yang masih bingung atau ingin menambahkan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Dan, dirasa bermanfaat, jangan sungkan untuk dibagikan (share), agar yang lain juga merasakan manfaatnya. Terimakasih.

Cara Menambahkan & Membuka Layer WMS – WFS dengan QGIS
5 (100%) 4 votes

Tags: ArcGIS Server, cara download, data spasial, Geoserver, GIS Server, GIS Services, qgis, tutorial, WFS, WMS Categories: Data Spasial, GIS, GIS Server, QGIS, Simpul Jaringan, Tutorial
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Comments
  1. -

    kalo pake arcgis gmana gan cara mengunduh datanya?
    mohon pencerahannya.
    Thanks.

    1. mm

      -

      Sudah published Pak untuk tutorial download WFS pakai ArcGIS Pro,

Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *