Tutorial Konsumsi Layer WMS WFS dari Geoserver ArcGIS Server dengan QGIS

Cara Menambahkan & Membuka Layer WMS – WFS dengan QGIS

July 7, 2018 7257 9

Melalui tulisan sebelumnya telah dibahas terkait apa itu WMS (Web Map Services), WFS (Web Feature Services), dan beberapa GeoSpasial Web Services Lainnya. Monggo dibaca dulu bagi yang masih asing dengan istilah-istilah tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa di Indonesia ini bisa dikatakan tersedia cukup banyak data-data spasial berupa WMS dan WFS. Terutama dengan semakin banyaknya simpul-simpul jaringan data geospasial nasional (GIS Server Indonesia), baik tingkat Kementerian/Lembaga, ataupun pemerintahan tingkat daerah. Apa saja alamat atau link dari simpul jaringan (Server SIG) tersebut bisa di cek di tulisan ini.

Meskipun Saya pribadi tidak berani menjamin dari sekian banyak simpul jaringan itu berisi data-data yang terbaru, namun nyatanya memang belum banyak yang memanfaatkannya. Bahkan membuka datanya saja belum pernah. Mungkin.

Melalui tulisan ini akan kita kupas bagaimana cara mengonsumsi (memanggil/membuka/mengunduh) data geospasial yang sudah berupa gis services, karena boleh jadi kebanyakan orang belum memanfaatkan lantaran tidak tahu caranya. FYI, sebenarnya data web services semacam WMS dan WFS ini bisa dipanggil ke dalam web GIS maupun ke dalam platform SIG desktop. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah untuk platform desktop, khususnya QGIS (sekalian kampanye penggunaan software open source, hehe).

  • Simpul Jaringan Berbasis GeoServer
See also  Modul: Cara Mengumpulkan Data Spasial dengan OpenStreetMap (OSM) [Tingkat Dasar]

Sifatnya yang gratis, platform GeoServer ini banyak digunakan oleh pemerintah daerah (kabupaten/kota dan provinsi) di Indonesia untuk membangun GIS Server dan berbagi data geospasial berupa web services (WMS, WFS, dll). Contoh geoserver yang digunakan adalah http://geoportal.sumselprov.go.id:8080/geoserver/web, yang layers-layersnya support WMS dan WFS.

Workspace Geoserver

Bagian yang ditandai dengan kotak merah (ADMIN, KUGI, BiroPemerintahan, PSDA, dan PUBMTR) adalah workspace dalam geoserver.

Bagaimana cara menambahkan, membuka, dan mengunduh data-data spasial dari Geoserver menggunakan QGIS? Caranya adalah buka dulu software (perangkat lunak) QGIS, dan masuk menu Layer >> Add Layer >> 1) Add WFS Layer / 2) Add WMS/WMTS Layer

Add Layer

WFS (Web Feature Services)

Add WFS Layer

Catatan: Nama connection bebas, namun yang harus tepat adalah URL dari Web Feature Services. Pada contoh URL WFS di atas dicantumkan “KUGI” untuk menspesifikkan layers hanya yang ada dalam workspace tersebut. Jadi “KUGI” bisa diganti dengan nama workspace lain yang ada dalam GeoServer, pun bisa pula tanpa mencantumkan workspace jika ingin semua layers WFS masuk ke dalam list ketika tombol “connect” diklik.

Layer WFS dapat disimpan/download dalam bentuk shapefile (*.shp) setelah diinputkan kedalam QGIS. Caranya adalah klik kanan layer >> Save As.

See also  Anda Orang Tua? Yuk Hindari Anak Hilang dan Membolos Sekolah dengan Geospasial

Download WFS

WMS (Web Map Services)

Add WMS Layers

Catatan: Sama dengan pada WFS, pengaturan nama connection bebas, tetapi yang harus benar ialah URL dari Web Map Services. Pada contoh URL WMS di atas disertakan “ADMIN” untuk menspesifikkan layers hanya yang ada dalam workspace tersebut. Jadi “ADMIN” dapat diganti dengan nama workspace lain yang ada dalam GeoServer, bahkan bisa pula workspace tidak disertakan dalam link jika ingin semua layers WMS dalam Geoserver masuk ke dalam list ketika tombol “connect” diklik.

  • Simpul Jaringan Berbasis ArcGIS Server

Sifatnya yang berharga mahal, platform ArcGIS Server lebih banyak dipakai oleh Kementerian/Lembaga di Indonesia untuk membangun Server SIG dan sharing data geospasial berupa web services (WMS, WFS, dll). Kenapa Kementerian/Lembaga tidak pakai yang opensource? Mungkin kebanyakan duit, gan. Hehe. Tapi, denger-denger beberapa ada yang mau migrasi ke opensource.

ArcGIS Server Dukcapil

Contoh ArcGIS Server yang digunakan adalah http://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/arcgis/rest/services, yang layers-layersnya support Map Services dan Feature Services.

Lalu, bagaimana cara menambahkan, membuka, dan mendownload data-data geospasial dari ArcGIS Server dengan QGIS? Buka dahulu software (perangkat lunak) QGIS, dan masuk menu Layer >> Add Layer >> 1) Add ArcGIS MapServer Layer / 2) Add ArcGIS FeatureServer Layer

See also  Kumpulan Link GIS Server Indonesia (Simpul Jaringan Geospasial Nasional)

Add ArcGIS Server Layer

Feature Services

Add FeatureServer Layer

Catatan: Nama connection bebas, namun yang harus tepat adalah URL dari Feature Server. Pada contoh URL di atas akan memanggil services sekolah, yang terdiri dari data spasial sebaran playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Sebagaimana layer WFS dari GeoServer, Feature Services dari ArcGIS Server juga bisa disimpan/download dalam bentuk shapefile (*.shp) setelah diinputkan kedalam QGIS. Caranyapun sama persis, cukup klik kanan layer >> Save As, lalu tentukan lokasi penyimpanan beserta nama shapefile, dan klik “OK”.

Map Services

Add MapServer Layer

Catatan: Sama dengan pada Feature Services, pengaturan nama connection bebas, tetapi yang harus diperhatikan ialah URL dari Map Server. Pada contoh URL di atas akan memanggil services sekolah, yang terdiri dari data sebaran playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Sekian tutorialnya, kalau ada yang masih bingung atau ingin menambahkan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Dan, dirasa bermanfaat, jangan sungkan untuk dibagikan (share), agar yang lain juga merasakan manfaatnya. Terimakasih.

5/5 - (5 votes)

Tags: ArcGIS Server, cara download, data spasial, Geoserver, GIS Server, GIS Services, qgis, tutorial, WFS, WMS Categories: Data Spasial, GIS, GIS Server, QGIS, Simpul Jaringan, Tutorial
share TWEET PIN IT share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Comments
  1. -

    kalo pake arcgis gmana gan cara mengunduh datanya?
    mohon pencerahannya.
    Thanks.

    1. identicon

      -

      Sudah published Pak untuk tutorial download WFS pakai ArcGIS Pro,

  2. -

    broo ini untuk user dan password nya itu pakai apa ya? apa cuma yang publisher saja yang tau? thanks gan

    1. identicon

      -

      Username dan password yang tahu publisher dan admin.
      Untuk sebatas melihat/mengakakses datanya, bagian username dan password bisa dikosongkan.

  3. -

    Mohon info kak, setelah saya isi URL kenapa selalu gagal saat connect?

    1. identicon

      -

      URL GIS services yang mana ya (kementerian/provinsinya)?
      Soalnya list yang di Link GIS Services belum Saya update lagi, jadi kurang tau masih hidup atau ada yang sudah mati.

      Coba cek diakses lewat browser dulu URL GIS Servicesnya, kalau bisa berarti kemungkinan ada kesalahan saat input URLnya di QGIS/ArcGIS.

      1. -

        Berarti kemungkinan salah hanya di URL nya ya om? Adakah plugin-plugin yang harus diinstal sebelum connect ke URL tersebut?

        1. identicon

          -

          Untuk plugin tambahan tidak ada, semua toolsnya sudah bawaan pas install QGIS.

  4. -

    Terimakasih pak

Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *