Anaglyph Lombok Timur

Tampilkan Peta (WebGIS) Visualisasi Citra Anaglyph Lombok Timur - spasialkancom


Kabupaten Lombok Timur merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Lombok dengan letak astronomis antara 116º ‐ 117º Bujur Timur dan 8º ‐ 9º Lintang Selatan, dengan batas wilayah:

  • Sebelah Barat: Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Tengah;
  • Sebelah Timur: Selat Alas;
  • Sebelah Utara: Laut Jawa;
  • Sebelah Selatan: Samudera Indonesia.

Luas wilayah Kabupaten Lombok Timur adalah 2.679,88 km² terdiri atas daratan seluas 1.605,55 km² (59,91 persen) dan lautan seluas 1.074,33 km² (40,09 persen). Luas daratan Kabupaten Lombok Timur mencakup 33,88 persen dari luas Pulau Lombok atau 7,97 persen dari luas daratan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dataran di Lombok Timur meliputi pegunungan dan dataran rendah yang membentang sampai daerah pantai. Daerah pegunungan terdapat di wilayah bagian utara yakni kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan ketinggian puncak 3726 meter dari permukaan. laut. Adapun di bagian tengah sampai selatan berupa dataran rendah.

Kecamatan dengan wilayah (daratan) terluas yaitu Kecamatan Sambelia, Sembalun, dan Jerowaru. Ketiga kecamatan ini cukup luas karena terdapat di dalamnya area hutan negara. Sementara kecamatan dengan luas wilayah terkecil yaitu Sukamulia, Sakra, dan Montong Gading.

Pemanfaatan lahan di Kabupaten Lombok Timur sebagian besar digunakan untuk usaha pertanian. Total lahan sawah pada tahun 2016 seluas 48.191 ha atau sekitar 30,02 persen dari luas wilayah kabupaten. Lahan sawah tersebut sebagian besar ditanami padi (93,64 %), baik itu sekali, dua kali, maupun tiga kali tanam dalam setahun.

Sumber: Kabupaten Lombok Timur dalam Angka 2017

Anaglyph Lombok Timur
5 (100%) 13 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *