QGIS Expressions 3 Select by Expression Case Statement Text On Symbols

QGIS Expressions 3 : Select by Expression, Case Statement, dan Teks dalam Simbol/Legenda

February 1, 2021 242 0

Setelah pada dua tulisan sebelumnya “bermain” QGIS Expressions untuk pengisian tabel atribut, pengaturan label, dan item properties layout (di sini Menentukan Koordinat serta Menghitung Panjang, Luas, dan Keliling & Manipulasi Text/String), kali ini mari membahas penerapannya dalam memfilter/seleksi features, pengaturan simbolisasi, serta penambahan teks/kode di dalam simbol legenda. Okay, langsung saja untuk data yang digunakan dalam tutorial kali ini bisa diunduh melalui tautan di bawah. Passwordnya: bacadi*pasialkan.COM (* = S)

Select by Expression

Fitur Select by Expression bisa ditemukan dalam attribute table dengan icon kotak kuning dan huruf epsilon kecil (ε). Jenis fungsi expression yang biasa digunakan dalam proses select by expression ini adalah field dan operator. Adapun yang dimaksud dengan operator diantaranya terdiri dari operasi hitung matematika dan beberapa query SQL, seperti contoh berikut ini:

"VALKNT"%25 = 0 --Menselect features yang nilai elevasinya (kolom VALKNT) habis (0) jika dibagi 25
"VALKNT" > 2000 AND "VALKNT" < 3000 --Menselect features yang nilai elevasinya (kolom VALKNT) lebih besar 200 dan lebih kecil dari 300, selain AND bisa juga menggunakan expression: OR
"kecamatan" = 'Banguntapan' --Menselect features yang merupakan kecamatan Banguntapan
"kecamatan" in ('Bantul', 'Dlingo') --Menselect features yang merupakan kecamatan Bantul dan Dlingo, sedangkan untuk menselect yang sebaliknya bisa menggunakan expression: not in
"desa" like 'Tirto%' --Menselect features yang berawalan kata ‘Tirto’
"desa" like '%harjo' --Menselect features yang berakhiran kata ‘harjo’
"desa" like '%ono%' --Menselect features yang terdiri dari kata ‘ono’
"desa" ilike 'tirto%' --Mirip dengan LIKE, hanya saja untuk ILIKE ini sifatnya tidak case-sensitive
"REMARK" is null --Menselect features yang nilai kolom REMARKnya NULL, sedangkan untuk menselect yang sebaliknya bisa menggunakan expression: is not null

Case Statement

READ  Ebook: Tutorial Menganalisis Data dengan QGIS dan InaSAFE [Tingkat Dasar]

Expression case statement ini selain bisa diterapkan untuk pengaturan simbolisasi sebenarnya bisa juga digunakan dalam field calculator untuk pengisian data atribut. Dalam konteks kali ini, kita akan mencoba mengklasifikasikan garis kontur menjadi dua simbol, pertama yang interval 50 meter dan yang 12.5 meter. Langkahnya, silakan buka Layer Properties > tab Symbology > pilih yang Categorized > kemudian pada bagian Value gunakan expression (ε) dibawah ini > klik tombol Classify. VALKNT adalah kolom yang berisi nilai elevasi pada sampel data kontur.

QGIS Expressions Klasifikasi Simbol Categorized dengan Case Statement
CASE
  WHEN "VALKNT"%50 = 0 THEN 'Interval 50'
  ELSE 'Interval 12.5'
END

Jika ingin agar nilai klasifikasi diatas (Interval 50 dan Interval 12.5) tersimpan dalam data atribut, silakan terapkan expression dalam field calculator.

READ  Tutorial Download Data Spasial Digital OpenStreetMap (OSM)

Teks di dalam Simbol (Legenda)

Pada beberapa peta, mungkin kita pernah melihat ada legenda data area yang didalamnya tertulis kode atau huruf tertentu sebagai simbol. Kalau saja legenda tersebut hanya sedikit, tentu tidak menjadi masalah untuk menginputkan teks (berupa kode angka/huruf) tersebut secara manual. Nah, bagaimana kalau banyak? Ternyata bisa juga diselesaikan dengan QGIS Expressions.

Langkahnya, (i) lakukan simbolisasi data area seperti biasa, (ii) masih dalam menu Layer Properties, silakan ganti dari tab Symbology ke tab Legend, (iii) Centang opsi Text on Symbols, (iv) Pilih Set Label from Expression, dan (v) masukkan nama field untuk teks yang akan dimasukkan dalam legenda simbol.

READ  E-book: Tutorial Data Analysis using QGIS and InaSAFE [Beginner Level]

Ilustrasi langkahnya bisa disimak dari gambar di bawah. Bagi yang tanya kenapa dalam peta tidak muncul teksnya, silakan aktifkan saja labelnya, karena teks ini hanya muncul di legenda.

QGIS Expressions Teks Kode Huruf Angka dalam Legenda Simbol

Lanjutkan ke tulisan bagian selanjutnya: QGIS Expressions 4 : Default Value dan Analisis Overlay (Fungsi Aggregate)

Tags: Case Statement, filter, qgis, QGIS Expressions, query, select by expression, Simbolisasi, tutorial qgis Categories: Data Spasial, GIS, QGIS, QGIS Expressions, Tutorial, tutorial qgis
share TWEET PIN IT share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *