Cara Membuat Desain Simbol SVG Marker Sendiri di QGIS

Cara Membuat Desain Simbol (SVG Marker) Sendiri di QGIS

October 21, 2018 84 0

Sebagai salah satu perangkat lunak (sofftware) GIS (Sistem Informasi Geografi) yang memiliki kelebihan karena sifatnya yang opensource atau gratis untuk digunakan, QGIS mulai cukup banyak dimanfaatkan oleh “para pembuat peta”. Selain memiliki fungsi (tools) yang cukup beragam untuk memenuhi permintaan pengguna mulai dari membuka, mengedit, hingga menganalisis data-data geospasial, QGIS juga menyediakan berbagai simbol-simbol yang siap pakai.

Masalah persimbolan, khususnya jenis simbol untuk data berupa titik (point) adalah topik bahasan pada tulisan kali ini. Di dalam QGIS simbol titik dikelompokkan menjadi beberapa tipe, diantaranya simple marker, ellipse marker, dan filled marker yang tergolong dalam simbol geometrik (abstrak), font marker untuk simbol huruf dan angka (setengah abstrak), serta SVG marker yang merupakan simbol piktorial (nyata).

READ  Mengenal Perbedaan Peta Topografi dan Peta Rupabumi Indonesia (RBI)

Bahasan tulisan ini akan dikerucutkan pada SVG marker saja. QGIS menyediakan pilihan simbol piktoral yang disimpan dalam format file *.svg (tidak heran jika disebut sebagai SVG marker) dalam jumlah yang relatif banyak dengan beberapa klasifikasi, mulai dari accommodation, arrows, emergency, food, health, money, religion, shopping, transport, service, sport, amenity, landmark, entertainment, tourist, hingga wind roses. Semua file svg tersebut dapat dilihat di direktori simbol QGIS, yang lokasinya bisa dicek dengan masuk tab Settings > Options > System > SVG path.

Tutorial Cara Membuat Desain Simbol SVG Marker Sendiri di QGIS

Meskipun jumlah svg simbol yang ada di QGIS sudah banyak, tidak menutup kemungkinan simbol yang kita inginkan tidak tersedia. Salah satu diantaranya ketika ingin membuat peta dengan simbol sesuai aturan yang sudah distandarkan, peta RBI misalnya. Pertanyaannya kemudian adalah: bagaimana membuat desain simbol sendiri untuk kemudian digunakan dalam proses simbolisasi peta di QGIS? Silakan simak tulisan ini sampai akhir untuk mendapatkan jawabannya.

  1. Download dan install perangkat lunak (software) Inkscape. Kenapa pakai Inkscape? simpel saja, karena gratis, tidak seperti Cor*l atau sejenisnya :).
  2. Buka salah satu svg marker QGIS di Inkscape, untuk sekedar mendapatkan ukuran documentnya (File > Open atau tekan saja Ctrl + O).
  3. Hapus simbolnya, kemudian buat desain simbol sendiri. Bisa juga memanfaatkan file gambar yang sudah ada (dalam format jpg/png misalnya).
  4. Save As dalam format *.svg
  5. Buat folder baru di direktori simbol QGIS kemudian masukkan desain simbol Anda didalamnya.
  6. Selamat SVG marker Anda siap digunakan di QGIS
READ  Cara Membuat Visualisasi Anaglip dengan Ilwis

Bagi yang masih bingung caranya, jangan sungkan putar video berikut ini:

Cara Membuat Desain Simbol (SVG Marker) Sendiri di QGIS
5 (100%) 4 votes

Tags: desain simbol, peta, Simbol peta, svg marker, tutorial, tutorial qgis Categories: GIS, Peta, QGIS, Simbol Peta, Tutorial
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.