Mengenal Apa itu dan Bagaimana Membuat File Geospasial PDF GeoPDF di QGIS

Geospasial PDF (GeoPDF) Format File Eksport Baru yang Menarik di QGIS

August 6, 2020 502 0

Geospatial PDF (GeoPDF) pada dasarnya adalah ekstensi standar format file PDF yang memungkinkan untuk berisi dataset vektor spasial (baik berupa titik, garis, maupun, area). Kalau kita cek di Wikipedia, sejauh ini sudah cukup banyak perangkat lunak (software) maupun aplikasi yang mendukung (read, create, atau edit) format file Geospasial PDF, mulai dari Adobe Acrobat, Avenza Maps, Global Mapper, hingga QGIS.

Di QGIS, fitur GeoPDF mulai bisa digunakan semenjak versi 3.10, yang pertama kali dirilis sekitar bulan Oktober tahun 2019 lalu (versi 3.10.8 A Coruña per Juli 2020 ini adalah versi LTR paling baru). Fitur GeoPDF di QGIS dikembangkan oleh Nyall Dawson (North Road).

Sedikitnya ada dua hal menarik yang bisa dilakukan dengan format file GeoPDF, pertama setiap layer yang ada dapat diatur visible atau tidaknya melalui aplikasi pdf viewer, dan yang kedua data dapat diinputkan kembali ke dalam project QGIS dalam bentuk vector layer. Penasaran seperti apa dan bagaimana cara membuatnya? Mari kita bahas.

Sebelumnya, persiapkan dulu data spasial yang akan digunakan, disini data yang akan kita gunakan adalah peta RBI. Bagi yang mau menggunakan RBI juga tapi belum memiliki datanya, silakan unduh saja di geoportal tanahair.indonesia.go.id sesuai area yang kalian inginkan. Kalau ada yang kesulitan mengunduh, bisa mengikuti langkah-langkah dari postingan : Cara Download Peta RBI (Rupabumi Indonesia) Digital (shp/gdb) Gratis.

READ  Tutorial WebGIS Visualisasi 3 Dimensi dengan MapBox

Selanjutnya, silakan tambahkan data ke dalam project, kemudian lakukan proses klasifikasi dan simbolisasi data serta layouting petanya. Nah terkait simbolisasi, kalian bisa menggunakan simbol-simbol bawaan QGIS, atau menggunakan simbol/style dari luar QGIS, seperti yang ada di tutorial Mengonversi ArcGIS Style ke QGIS XML/GPL. Atau bisa juga menambahkan sendiri simbol SVG Marker ke QGIS, seperti yang sudah dijelaskan melalui tutorial Cara Membuat Desain Simbol (SVG Marker) Sendiri di QGIS.

Proses eksport peta dalam format GeoPDF dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui halaman project QGIS (tanpa layout) dan di halaman layout.

Export Map to GeoPDF

Cara eksport peta format file GeoPDF project QGIS

Caranya sangat mudah, setelah data selesai disimbolisasi dan diklasifikasi, silakan langsung ke menu Project > Import/Export > Export Map to PDF. Akan muncul jendela “Save Map as PDF”, silakan lakukan beberapa pengaturan extent, resolusi, skala, dan yang paling penting adalah melakukan check (mencentang) pada opsi “Create Geospatial PDF (GeoPDF)”. Bagian format silakan pilih saja yang recommended, dan centang bagian “include vector feature information” untuk menyertakan semua informasi geometri dan atribut dari fitur-fitur yang terdapat pada peta ke dalam file output GeoPDF.

Berikut adalah contoh peta hasil eksport dalam format file PDF dan GeoPDF. Dari sisi ukuran file memang format GeoPDF lebih besar dibandingkan dengan format PDF biasa, mengingat kemampuannya untuk diimport kembali menjadi layer-layer vector di QGIS. Password BelajarDariSpasialkan.COM

Export Layout as GeoPDF

READ  Mengunduh Peta Dasar (RBI) dalam Format Cetak (pdf & jpg)
Tutorial eksport layout peta file Geospasial PDF QGIS

Proses export GeoPDF cara kedua dilakukan melalui layout view (Menu Project > New Print Layout). Silakan atur tata letak peta (baik isi maupun informasi tepi, seperti judul, legenda, inset, skala, maupun grid sesuai selera kalian). Setelah layout selesai dibuat, langsung saja masuk ke menu Layout > Export as PDF > tentukan lokasi penyimpanan dan nama file.

Pada halaman “PDF Export Option”, silakan lakukan check (centang) pada opsi “Create Geospatial PDF (GeoPDF)”. Berbeda dengan saat export GeoPDF di halaman QGIS Project, di sini kalian bisa mengaktifkan fitur “Include multiple map themes” serta melakukan grouping layer di bagian “include vector feature information”.

Pengaturan map themes bisa kalian lakukan di halaman depan qgis project, tepatnya pada panel Layer, sebagaimana gambar berikut ini:

Pengaturan Map Theme Eksport Layout Peta GeoPDF QGIS

Adapun untuk proses grouping layer bisa kalian lakukan seperti berikut ini. Grup layers ini nantinya akan membuat beberapa layer menjadi satu layer saja di file GeoPDF.

Pengaturan Layers Group Eksport Layout Peta GeoPDF di QGIS

Berikut adalah contoh layout peta hasil eksport dalam format file PDF dan GeoPDF. Dari sisi ukuran file memang format layout GeoPDF lebih besar dibandingkan dengan format PDF biasa, mengingat kemampuannya untuk diimport kembali menjadi layer-layer vector di QGIS. Password BelajarDariSpasialkan.COM

Tampilan GeoPDF di PDF Viewer

READ  Cara Membuat Desain Simbol (SVG Marker) Sendiri di QGIS
Tampilan List Layers File Geospatial PDF di Software Foxit

Add GeoPDF as Vector Layer

Seperti yang sempat disinggung di awal tulisan, keunikan file PDF dengan ekstensi Geospasial ini adalah kemampuannya untuk bisa dikembalikan dalam format vector layer ke QGIS. Keunikan ini berlaku baik pada file GeoPDF dengan layout maupun tanpa layout. Hanya saja yang perlu diketahui adalah data yang dapat dikembalikan ke dalam QGIS adalah layer vectornya saja, (tidak termasuk simbol, klasifikasi, dan layout petanya.

Terkait caranya, sama dengan saat menambahkan data vector ke dalam project QGIS, yakni masuk ke menu Layer > Add Layer > Add Vector Layer. Pada tab Vector, pilih Source Type ‘File’, dan pada bagian Source isikan dengan file GeoPDF kalian. Setelah klik Add, akan muncul daftar layer dari file GeoPDF yang bisa diinput ke dalam project, select saja yang ingin kalian tambahkan.

Sekian tutorial tentang GeoPDF kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau usulan terkait topik apa yang menarik untuk kita bahas di tulisan selanjutnya, silakan sampaikan saja melalui kolom komentar di bawah . Terima kasih.

Referensi north-road.com

Tags: eksport peta, format file, geopdf, geospasial pdf, layout peta, qgis, QGIs3, rbi, rupabumi indonesia Categories: Format File, GeoPDF, QGIS, RBI, Tutorial, tutorial qgis
share TWEET PIN IT share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *