Cara Membuat WebGIS dengan Plugin QGIS2Leaf (LeafletJS) di QGIS

Cara Membuat WebGIS dengan Plugin QGIS2Leaf (LeafletJS) di QuantumGIS

August 11, 2017 320 2

QGIS2leaf adalah salah satu plugin gratis yang ada pada perangkat lunak QuantumGIS (QGIS). Plugin ini berfungsi untuk membuat peta web (webgis) berbasis leaflet. Adapun leaflet merupakan library javascript open-source yang cukup banyak digunakan untuk membangun webgis. Versi terbaru dari leaflet/leafletjs per 8 Agustus 2017 adalah 1.2.0. Anda bisa kunjungi langsung ke laman leafletjs.com untuk mempelajari selengkapnya tentang leaflet.

Plugin QGIS2leaf dapat diinstall manual dengan mengcopypaste folder ke direktori plugin QGIS di komputer/laptop, maupun otomatis dengan tool “manage and install plugins” di QGIS.

Install Manual (OS Windows dengan QGIS versi 2.18.10, OS atau versi QGIS lain bisa menyesuaikan atau lakukan instalasi secara otomatis)
Install Otomatis

Setelah software QGIS beserta plugin QGIS2leafnya siap, maka yang kita perlukan selanjutnya untuk membuat webgis sederhana adalah data spasial yang akan kita publish. Silakan gunakan data yang Anda miliki, atau bisa juga memakai data sampel yang digunakan dalam tutorial ini. Data berupa titik, garis, dan area, serta data raster citra penginderaan jauh bisa diunduh melalui link ini: UNDUH DATA. (Password: spasialkan.com)

  1. Input semua data ke dalam QGIS kemudian lakukan simbolisasi. Jika menggunakan data sampel, maka bisa langsung buka project simbolisasi_sederhana.qgs.Input data spasial ke QGIS untuk QGIS2leaf_visualisasi spasialkan
  2. Bagi yang tidak menggunakan data sampel, satu hal yang perlu diketahui adalah QGIS2leaf tidak bisa mengeksport/menampilkan data (terumata titik dan garis) yang disimbolisasi selain dengan single symbol (data area dengan symbol categorized masih bisa). Namun, hal itu hanya berlaku ketika simbolisasi dilakukan melalui tool style di layer properties. Simbol graduated dan categorized pada data titik dan garis tetap bisa dilakukan dengan mengatur melalui atribute table.
  3. Simbolisasi dengan tabel atribut ini membutuhkan gambar simbol dalam format .svg atau .png. Gambar simbol bisa dibuat sendiri atau mengambil dari library symbol milik QGIS. (Bagi yang menggunakan data sampel, gambar simbol bisa dicek di folder ‘simbol’). Library symbols QGIS bisa dicek di pada folder instalasi QGIS Anda (osgeo4w\apps\qgis\svg).
  4. Setelah gambar simbol siap, maka bisa langsung masuk ke tabel atribut data titik dan garis Anda.
  5. Tambahkan field (kolom) dengan nama ‘icon_exp’ dan bertipe text (string).
  6. Isikan nama file gambar simbol pada kolom tersebut sesuai obyeknya.Simbolisasi data spasial titik QGIS2leaf_visualisasi spasialkan
  7. Lakukan hal yang sama untuk data garis.Simbolisasi data spasial garis line QGIS2leaf_visualisasi spasialkan
  8. Buka plugin QGIS2leaf. (!Catatan: meskipun dibagian header plugin tertulis bahwa QGIS2leaf mampu digunakan untuk data raster dan vector, namun tidak semua format data raster bisa dieksport dengan baik, seperti misalnya format .tif. Oleh karena itu pada tutorial ini hanya digunakan data spasial vector saja).Tampilan setting pengaturan QGIS2leaf quantumGIS_visualisasi spasialkan
  9. Input data layer ke QGIS2leaf dengan cara klik “Get Layers”. Kemudian centang tools yang ingin Anda munculkan ke dalam webgis (tool legenda tidak bisa berfungsi). Tentukan pula ukuran frame, basemap yang digunakan, output project, serta identitas webgisnya. Anda bisa buka tab ‘Help’ untuk informasi pengaturannya.
  10. Jika sudah langsung klik ‘Ok’ dan buka folder projectnya. Anda sudah bisa langsung melihat hasil webgisnya dengan membuka file index.html di browser. Hanya saja simbol data titik dan garis tidak akan muncul.
  11. Supaya simbol dapat muncul dengan baik, silakan copy-paste gambar simbol Anda ke dalam folder project output qgis2leaf tersebut. Kemudian buka ulang index.htmlnya. Gambar simbol fasilitas dan jalan QGIS2leaf_visualisasi spasialkan
  12. Sekian tutorial membuat webgis sederhana dengan Plugin QGIS2Leaf di QuantumGIS, jangan lupa simak tutorial lainnya.Hasil tampilan webgis sederhana QGIS2leaf quantumGIS_visualisasi spasialkan
READ  Modul Tutorial Pemetaan Menggunakan QGIS

 

Simak juga video tutorialnya berikut ini:

Cara Membuat WebGIS dengan Plugin QGIS2Leaf (LeafletJS) di QuantumGIS
5 (100%) 15 votes

Tags: cara mudah, leafletjs, qgis, qgis2leaf, tutorial, webgis Categories: Sistem Informasi Geografi (SIG), Tutorial, Tutorial WebGIS, WebGIS, WebGIS Indonesia
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Comments
  1. -

    Nice sharing! salam kenal mas sesama penggiat webgis

    1. mm

      -

      Wah kok dipanggil Mas. Aku kan adik tingkatmu di KPJ Mas. Sampeyan 2008 (atau 2009, lupa), aku 2013.
      Salam kenal juga Mas.
      Btw kemarin (7 Okt 2017) pas acara temu Alumni KPJ di KLMB aku ikutan juga lho, gak ngerti mesti sampeyan, hehe.

Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *