Modul Tutorial Pemetaan Menggunkan QGIS

Modul Tutorial Pemetaan Menggunakan QGIS

March 10, 2018 209 1

Apa itu Quantum GIS (QGIS)?

QGIS merupakan salah satu perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis open source dengan lisensi di bawah GNU General Public. QGIS merupakan proyek dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo) dimana tujuan awalnya adalah untuk menampilkan data GIS. QGIS dapat dijalankan pada Linux (Ubuntu), Unix, Mac OS, Windows dan Android, serta mendukung banyak format dan fungsionalitas pengolaan data vektor, raster, dan database.

Proyek pembuatan perangkat lunak ini sendiri dimulai pada Mei 2002 dengan nama proyek The Quantum GIS Project. Pada versi terbarunya, QGIS menambahkan fitur terbaru disertai perluasan untuk interface pemrograman dari rilis sebelumnya. Saat ini, QGIS adalah perangkat GIS terbaik pada komunitas Free and Open-Source Software (FOSS). QGIS menawarkan bermacam-macam modul yang tentunya dapat digunakan untuk berbagai keperluan antara lain QGIS Desktop, QGIS Browser, QGIS Server, dan QGIS Client.

READ  Tutorial Menambahkan Data WMS - WFS ke dalam ArcGIS Pro

QGIS sebagai alternatif dari sekian banyak perangkat lunak pengolahan data spasial, memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Gratis, tidak membutuhkan biaya untuk proses instalasi dan penggunaan program.
  • Bebas, dapat menambah dan memodifikasi fungsi dalam QGIS.
  • Terus berkembang, setiap orang dapat menambah fitur baru dan penyempurnaan aplikasi.
  • Ketersediaan dokumen panduan dan pertolongan, pendukung panduan dan bantuan terhadap permasalahan tersedia online dan dapat diunduh dalam bentuk dokumen.
  • Multi sistem operasi, dapat diinstal di MacOS, Windows, Linux dan Android (versi beta).

Sumber:

Nurrizqi, E. H., Choirul M., & D. Satriono. 2017. Modul Pemetaan Menggunakan QGIS.

Tags: ebook, modul, qgis, tutorial Categories: Ebook, Modul, QGIS, Sistem Informasi Geografi (SIG)
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Comments
  1. -

    Thanks for the latest news from Knome

Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *