Tutorial Network Analyst Menggunakan QGIS

Tutorial Network Analyst (Rute Tercepat & Service Area) di QGIS

June 24, 2019 158 0

Salah satu bentuk pemanfaatan GIS (Geographic Information System) pada tingkat lanjut adalah untuk melakukan analisis jaringan (network analyst). Analisis ini diantaranya bertujuan mencari solusi terhadap berbagai permasalahan yang berkaitan dengan rute kendaraan atau akses ke suatu titik. Terdapat beberapa model analisis yang biasa digunakan, mulai dari penentuan rute terdekat, mencari obyek/fasilitas terdekat, melihat keterjangkauan beberapa fasilitas (service area), hingga mencari rute paling efektif (baik itu disisi harga, jarak, ataupun waktu) dari dan ke titik awal serta tujuan yang lebih dari satu.

Tutorial kali ini akan sedikit membahas terkait cara melakukan network analyst dengan menggunakan aplikasi QGIS. Sebagai catatan, versi dari QGIS yang digunakan dalam materi ini ada dua macam yakni QGIS 2.18.14 dan QGIS 3.4.7. QGIS versi 2.18.14 akan digunakan untuk menjelaskan tutorial network analyst menggunakan Road Graph plugin. Adapun QGIS 3.4.7 akan digunakan menjelaskan cara network analyst tanpa Road Graph plugin, karena memang pada versi ini sudah ditambahkan algoritma Network Analyst dibagian “Processing”.

READ  Cara Membuka Web GIS Offline (Local index.html) di Smartphone

Sebelum memulai tutorialnya, seperti biasa buka dulu software QGIS di komputer/laptop kalian, kemudian inputkan data jalan beserta sebaran fasilitas. Bagi yang tidak memiliki datanya, silakan bisa menggunakan data sampel yang juga digunakan dalam tutorial ini, meliputi data jaringan jalan beserta sebaran obyek sekolah + universitas, ATM & bank, dan restoran di Kota Yogyakarta. Link downloadnya ini: Sedot Sekuat-kuatnya (untuk passwordnya: followIGwebgisindonesia).

Network Analyst QGIS 2 dengan RoadGraph Plugin

  • Pertama-tama pastikan QGIS kalian sudah terpasang plugin Road Graph.
  • Inputkan data yang akan digunakan untuk melakukan network analyst, lakukan simbolisasi sekalian agar tampilan datanya lebih eye catching.
  • Lakukan pengaturan Road Graph dengan masuk ke tab “Vector” -> “Road Graph” -> “Settings”. Jika menggunakan data sampel bisa diatur seperti terlihat pada gambar berikut ini. Atur speed field jika data jaringan jalan kalian memiliki atribut mengenai batas kecepatan di tiap ruas jalannya. Silakan baca bagian “Help” terkait penjelasan pengaturannya.
Tutorial-Network-Analyst-QGIS-Settings-Plugin-Road-Graph
  • Buka tab “View” -> “Panels” -> “Shortest path”.
  • Tentukan titik awal dan titik akhir (tujuan). Silakan atur kriteria rute terpendeknya (berdasarkan waktu atau jarak). Kalau mau berdasarkan waktu, berarti jaringan jalan kalian sebaiknya memiliki atribut waktu di tiap ruasnya.
READ  Tutorial Membuat WebGIS Sederhana dengan QGIS2Web (Leaflet dan Openlayer/OL3)
Tutorial-Network-Analyst-QGIS-Calculate-Export-Shortest-Path
  • Klik “Calculate” untuk menjalankan proses analisis, dan tunggu hasilnya.
  • Keterangan pengaturan selengkapnya silakan disimak melalui bagian “Help”.

Network Analyst QGIS 3 Tanpa Plugin

  • Sebagaimana cara pakai plugin, terlebih dahulu inputkan data yang akan digunakan untuk melakukan network analyst ke dalam lembar kerja (project) QGIS kalian.
  • Buka tab “View” -> “Panels” -> dan pastikan bagian “Processing Toolbox” sudah tercentang.
  • Cari menu “Network analyst” di “Processing Toolbox”. Di sana terdapat beberapa opsi analisis, yakni Service Area (form point and layer) serta Shortest path (layer to point, point to layer, dan point to point). Berbagai opsi inilah yang membedakan sekaligus memberi nilai plus algoritma Analisis Jaringan di QGIS 3 ketimbang plugin Road Graph di QGIS 2.
  • Silakan dicoba saja opsi-opsi tersebut, di sini Saya hanya akan mencontohkan satu, yakni service area from layer, mengingat untuk shortest path kurang lebih sama dengan yang menggunakan Road Graph (hanya berbeda bisa menggunakan data dari layer yang sudah ada).
  • Berikut adalah tampilan hasil analisis keterjangkauan sekolah dan universitas, dengan asumsi jarak pelayanannya (travel cost) adalah 500.
READ  Membuat WebGIS Interaktif dengan CARTO Editor/Builder (Tanpa Koding)
Cara-Analisis-Jaringan-Service-Area-QGIS-3-Tanpa-Plugin

Salah satu yang kurang atau belum bisa dilakukan dari proses analisis jaringan jalan di QGIS ini adalah penambahan asumsi adanya hambatan (baik berupa titik, garis, ataupun area) dan insiden di suatu ruas jalan. Jika hal ini ada tentunya akan membuat analisis lebih akurat mengingat pada kenyataannya di beberapa ruas jalan di Indonesia ini tak jarang ditutup gara-gara ada galian, perbaikan, atau hajatan warga.

Bagi yang masih kurang paham dengan penjelasan langkah-langkah melakukan analisis jaringan jalan di atas, silakan simak tutorialnya dalam format video berikut ini. Silakan diputar (play):

5.0
08

Tags: analisis jaringan, cost matrix, network analyst, qgis, rute tercepat, service area Categories: Analisis Data, Data Analysis, Data Spasial, GIS, QGIS, quantum gis, Tutorial, tutorial qgis
share TWEET PIN IT SHARE share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *