Menganalisis Data dengan QGIS-InaSAFE Tingkat Dasar cover

Ebook: Tutorial Menganalisis Data dengan QGIS dan InaSAFE [Tingkat Dasar]

March 11, 2018 335 2

Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk memungkinkan orang-orang bekerja dengan data yang memiliki hubungan dengan spasial di bumi. SIG memungkinkan pembuatan, penyimpanan, manipulasi, dan analisis data geografi. SIG merupakan konsep yang sangat luas dan dapat melibatkan perangkat lunak dan perangkat keras yang rumit. Tetapi, untuk memenuhi tujuan kebanyakan orang, yang dibutuhkan adalah sebuah aplikasi perangkat lunak SIG sederhana.

SIG pada umumnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, termasuk dalam manajemen bencana. Namun, sayangnya, perangkat lunak SIG yang saat ini beredar di pasaran harganya sangat mahal. Oleh karena itulah dibuat panduan bagaimana menganalisis data dengan perangkat lunak SIG yang gratis dan terbuka untuk keperluan penanggulangan bencana, khususnya dalam penyusunan rencana kontinjensi.

READ  E-book: Tutorial Data Analysis using QGIS and InaSAFE [Intermediate Level]

Adapun software yang digunakan adalah Quantum GIS (QGIS) adalah sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) yang mudah dipahami pengguna dan open-source. Kemudian InaSAFE adalah perangkat lunak gratis dan bersifat terbuka, dapat menghasilkan skenario dampak bencana alam yang realistis untuk aktivitas perencanaan, persiapan, dan respon yang lebih baik. InaSAFE dikembangkan oleh AIFDR melalui konsultasi dengan BNPB.

Panduan Menganalisis Data dengan Quantum GIS dan InaSAFE ini dirancang sedemikian rupa untuk melengkapi unit sebelumnya yaitu mengumpulkan data spasial dengan OpenStreetMap.

 

Sumber:

Ebook “Menganalisis Data dengan QGIS-InaSAFE [Tingkat Dasar]”

Tags: analisis, Data Analysis, data spasial, InaSAFE, qgis, QuantumGIS Categories: Analisis Data, Data Analysis, Data Spasial, Ebook, Inasafe, Modul, QGIS
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Comments
  1. -

    seri modul ini ada unit 1 dan unit 3 nya ngga mas??
    mantap web nya btw!!!!

    1. mm

      -

      Sudah ada Mas unit 1 dan 3 nya. Monggo dicek di https://spasialkan.com/ebook
      Terimakasih,

Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *