Membuka Local Offline Index html webgis webmap di Browser Smartphone

Cara Membuka Web GIS Offline (Local index.html) di Smartphone

October 21, 2018 86 0

Sebelum dapat diakses khalayak umum melalui jaringan internet, web GIS/web map umumnya dibuat terlebih dahulu dalam mode local/offline (atau bisa pula disebut dengan versi localhost). Seperti misalnya jika kita membuat web GIS/web map menggunakan bantuan plugin QGIS (qgis2web, qgis2leaf, qgis2threejs, dll) ataupun melalui scripting sendiri dengan google maps api, leafletjs, esri leaflet js, cartojs, mapboxjs, atau openlayer. Berhubung proses develop dilakukan menggunakan perangkat komputer/laptop maka preview hasil juga dilakukan melalui browser di laptop. Toh, melalui browser komputer juga dapat dilihat tampilan webgis/webmap ketika diakses perangkat elektronik atau device, termasuk tampilan mobile.

Terlepas dari itu, sebenarnya bisa nggak sih local webgis/webmap tersebut diakses melalui browser smartphone (android misalnya)? Jawabannya, tentu saja bisa. Lalu, bagaimana caranya? Selama webgis/webmap yang dibuat bertipe statis (tidak perlu web server), dan data spasial disimpan tidak dalam geojson/json, cara aksesnya terbilang mudah. [*Sebenarnya aplikasi mobile untuk web server ini sudah ada, namun Saya pribadi belum pernah mencoba, sehingga belum bisa memastikan hasilnya ketika digunakan untuk membuka webgis/webmap yang dinamis*] Seperti halnya mengakses local webmap/webgis pada browser komputer, yakni cukup buka file index.html melalui browser.

READ  Tutorial WebGIS Visualisasi 3 Dimensi dengan MapBox

Hanya saja, ternyata tidak semua file manager di smartphone bisa membuka index.html ke browser secara sempurna, misalnya file manager bawaan xiaomi. Seperti di bawah ini contoh hasilnya:

Cara Membuka Local Offline Index html webgis webmap di Browser Smartphone

Cara mengatasinya setidaknya dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Install file manager lain, seperti ES File Explorer File Manager
  2. Mengganti URL dengan “file:///[lokasi file index.html]

Untuk cara pertama Saya kira tidak perlu diperdetail, sedangkan cara kedua yang mungkin memerlukan sedikit penjelasan. Jadi, setelah semua file/folder webmap/webgis tercopy ke storage/memory smartphone, jangan langsung buka file index.html ke browser. Akan tetapi, silakan copy terlebih dahulu direktori/path/file location dari index.html tersebut, dengan cara membuka properties atau detailnya. Kurang lebih seperti berikut ini:

READ  Tutorial WebGIS Animasi 3 Dimensi dengan QGIS2ThreeJS

Tutorial Membuka Local Offline Index html webgis webmap di Browser Smartphone

Jika sudah dicopy, silakan buka browser di smartphone, lalu ketikkan di address bar: file:/// dan paste path dari index.html.

Tutorial Cara Membuka Local Offline Index html webgis webmap di Browser Android

Terakhir, silakan enter/go, dan lihat hasilnya, taaaraaaaa…. hehe, berhasilkan? Kalau masih bingung bisa lihat video tutorialnya berikut ini:

Cara Membuka Web GIS Offline (Local index.html) di Smartphone
4.8 (95%) 4 votes

Tags: android, mobile, smartphone, tutorial, webgis, webmap Categories: GIS, Mobile, Tutorial WebGIS, WebGIS, WebGIS Indonesia
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.