Fitur Baru 3D Map View QGIS 3 Tidak Muncul di Ubuntu 16.04 18.04

Fitur 3D Map View QGIS3 di Ubuntu (16.04 & 18.04)

January 27, 2019 72 0

23 Februari 2018 lalu melalui blognya, QGIS mengumumkan Regular release versi 3.0 Girona yang membawa perubahan cukup besar. Apa saja perubahan yang ada diversi 3.0 dibandingkan dengan versi Long term release (LTR) 2.18 bisa disimak langsung melalui laman ini. Dari sekian banyak perubahan yang terjadi, salah satu yang cukup manarik adalah 3D View.

Lalu, mengapa fitur yang sudah rilis hampir setahun lalu (bahkan kini sudah muncul versi LTR 3.4 Madeira) diangkat menjadi tulisan? Rileks, yang akan dibahas bukan seperti apa kemampuan dari fitur 3 dimensi tersebut. Akan tetapi yang akan dibahas adalah persoalan pada fitur 3D Map View ini di Sistem Operasi Ubuntu, yang kebetulan beberapa waktu lalu Saya baru mencoba install.

READ  Ebook: Tutorial Menganalisis Data dengan QGIS dan InaSAFE [Tingkat Dasar]

Bagi yang belum tahu, untuk dapat menampilkan 3D view kedalam project QGIS dapat dilakukan melalui menu “View” kemudian pilih “New 3D Map View”.

Jadi seperti ini ceritanya, berhubung versi Ubuntu yang Saya gunakan adalah 16.04, maka QGIS 3.4 juga Saya install di sana. Namun anehnya, setelah proses instalasi selesai lalu mulai menjalankan QGIS dan menambahkan data DEM (Digital Elevation Model), ketika akan menampilkan secara 3D, kenapa fitur 3D viewnya tidak ada? Seperti ini nih tampilan menu “View” di QGISnya:

3D Map View Fitur Baru di QGIS 3 Install Ubuntu 16.04

Setelah sempat kebingungan dan mencoba beberapa hal yang bisa dicoba, diantaranya adalah mengotak-atik bagian “settings”, namun belum juga menemukan solusi. Akhirnya, menemukan jawabannya di forum osgeo-org.1560.x6.nabble.com.

READ  Tutorial WebGIS Visualisasi 3 Dimensi dengan MapBox
Solusi 3D Map View Fitur Baru di QGIS 3 Install Ubuntu 16.04

Intinya adalah masalah versi Qt Ubuntu 16.04 yang masih 5.5, sedangkan yang dibutuhkan untuk fitur 3D View adalah Qt versi 5.8 atau yang lebih baru. Jadi solusi yang mungkin bisa dilakukan adalah mengupdate versi Qt-nya, atau update ke Ubuntu yang lebih baru, 18.04 misalnya. Nah, berikut kurang lebih tampilan menu “View” di Ubuntu 18.04, yang sudah dilengkapi dengan fitur “New 3D Map View” (Ctrl+Shift+M).

3D Map View Fitur Baru di QGIS 3 Install Ubuntu 18.04

Bagi yang penasaran seperti apa hasil animasi 3D di QGIS, berikut adalah contohnya dengan menggunakan data elevasi dari SRTM 30 meter dan visualisasi permukaan bumi (peta) dari OpenStreetMap. Mohon maaf jika kualitas (resolusi, dllnya) kurang bagus.

READ  E-book: Tutorial Data Analysis using QGIS and InaSAFE [Beginner Level]
Fitur 3D Map View QGIS3 di Ubuntu (16.04 & 18.04)
5 (100%) 3 votes

Tags: 3d map, 3d view, animasi 3d, qgis, QGIs3, ubuntu Categories: QGIS, quantum gis, Tutorial 3D, tutorial qgis, Uncategorized
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *