Story Maps Catatan Perjalanan Sumba Timur dan Bali

Story Maps Catatan Perjalanan ke Bali dan Sumba Timur

December 23, 2018 113 0

Sudah sekitar satu tahun tidak ada lagi konten story maps nih. Terakhir sekaligus juga story maps pertama dipublikasikan 18 Desember 2017 lalu, dengan tema Sailsabang2017 (ESRI Story Maps | Boundless Story Maps). Kalau boleh jujur, penyebabnya antara males dan tidak adanya konten yang layak untuk diangkat menjadi story maps.

Story maps kedua ini, sesuai judul akan mengambil tema Perjalanan ke Sumba Timur dan Bali. Memang sih tidak banyak obyek atau tempat yang akan dibahas, dan mungkin juga isi kontennya bagi sebagian orang tergolong unfaedah. Tapi, setidaknya bisa ikut mengampanyekan konten story maps, agar semakin banyak orang yang tidak merasa asing.

READ  Cara Mudah Membuat WebGIS dengan Google Maps API

Story maps ini dibuat salah satunya dengan memanfaatkan foto yang bergeotag. Beberapa foto bergeotag yang diambil selanjutnya dikonversi menjadi points (data spasial digital sebaran obyek). Bagaimana caranya? Silakan mampir ke postingan Cara Mengubah Gambar/Foto Bergeotag Menjadi Points (shp, kml, dll). Sebenarnya tutorial tersebut dibuat ditengah-tengah storymaps ini dibuat. Lalu mengapa tutorial itu published duluan? Simpel, karena memang jauh lebih mudah ketimbang membuat storymaps.

Wokee, langsung saja, berikut adalah “Storymaps Catatan Perjalanan ke Bali dan Sumba Timur” (klik tombol di bawah). Disarankan dibuka menggunakan komputer/laptop (desktop) yak. Tapi kalau terpaksa membuka melalui smartphone, simak gambar di bawah ini (bawahnya tombol) untuk sedikit panduan navigasi storymapsnya.

READ  Cara Membuat WebGIS CARTO Editor/Builder Self-Hosting

Story Maps: Catatan Perjalanan ke Bali dan Sumba Timur

Story Maps Catatan Perjalanan ke Sumba Timur dan Bali Indonesia - Mobile

Story Maps Catatan Perjalanan ke Bali dan Sumba Timur
5 (100%) 4 votes

Tags: Bali, indonesia, Obyek Wisata, Pariwisata, Story Maps, Sumba Timur Categories: Story Maps, WebGIS, WebGIS Indonesia
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *