Cara Mudah Membuat Peta Visualisasi Lego Map Menggunakan QGIS

Cara Membuat Peta Visualisasi Lego menggunakan Software QGIS (Bagian Kedua)

June 4, 2020 128 0

Sedikit menyinggung mengenai bagian pertama terkait tutorial pembuatan peta dengan style lego (lego maps) menggunakan QGIS. Di akhir tutorial part 1 dijelaskan proses perbaikan data atribut ketika mendapati kejanggalan dalam hasil peta legonya. Proses perbaikan data atribut tersebut sebenarnya bisa saja dilakukan di awal untuk semua feature kab/kota, sehingga pada saat klasifikasi tidak perlu memperdulikan urutan posisi data (karena duplikasi atribut pada batas feature kab/kota sudah dihilangkan). Namun proses ini akan merepotkan, jadi lebih efektif jika dilakukan hanya pada saat ditemukan kejanggalan dalam hasil lego map saja.

Perlu diketahui, tutorial bagian kedua ini adalah optional alias tidak wajib. Lebih tepatnya bagian ini bertujuan untuk mempercantik visualisasi lego map, supaya terlihat batas antarfeature kab/kota dan batas tiap keping legonya. Adapun bentuk keping lego yang akan digunakan hanya balok/kubus ya, namun ukuran (jumlah bulatan lego) yang digunakan bervariasi seperti 1 x 2, 2 x 2, 2 x 3, 2 x 4, 1 x 4, dst. Seperti ini kurang lebih ilustrasi bentuk keping legonya:

Cara Membuat Peta Lego di QGIS - Ukuran dan bentuk lego

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Duplicate layer grid sehingga akan ada tiga buah layer, yakni layer grid, layer centroids, dan layer keping lego
  • Untuk menentukan bentuk tiap bagian lego yang menyusun peta, jujur caranya agak membosankan, yakni kita select grid sesuai ukuran keping lego dan batas administrasi kabupaten/kota, kemudian kita merge. Hasilnya kurang lebih seperti ini ya layernya:
Cara Membuat Peta Lego di QGIS - Layer Keping Lego Map

* Bagi yang tahu cara lain yang lebih efektif untuk membuat layer bentuk susunan lego mungkin bisa dishare melalui kolom komentar di bawah (terimakasih).

  • Lakukan simbolisasi pada layer keping lego tersebut secara single symbol dengan fill color transparan, dan outline abu-abu gelap ketebalan sekitar 0.15 mm (transparansi sekitar 40%). Atau bisa kalian sesuaikan sendiri simbolisasinya,
  • Tempatkan layer bentuk keping lego di atas layer grid dan centroids
  • Sebisa mungkin ubah simbolisasi layer grid supaya garis outlinenya tidak tampak sama sekali. Sejauh ini, beberapa cara yang sudah Saya coba belum memberikan hasil yang memuaskan. Sepertinya memang layer gridnya yang seperti itu. (*Mungkin bagi yang bisa menghilangkan garis ouline gridnya bisa dishare pengaturan simbolisasinya melalui kolom komentar di bawah ya.)
  • Hasil akhir peta lego kurang lebih adalah seperti ini:
Cara Membuat Peta Lego di QGIS - Hasil Akhir Lego Maps
  • Kalau mau, kalian juga bisa menambahkan label nama feature kab/kota di atas visualisasi lego
READ  Anda Orang Tua? Yuk Hindari Anak Hilang dan Membolos Sekolah dengan Geospasial

Berikut adalah tutorialnya dalam format video:

Pertanyaan, saran, tanggapan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, yak. Kalau dirasa bermanfaat, boleh kiranya bantu untuk dishare dan disubscribe. Terimakasih.

Tags: cara mudah, lego map, lego style map, peta lego, simbol lego, Simbol peta, tutorial, tutorial qgis Categories: GIS, Peta, QGIS, Simbol Peta, Tutorial, tutorial qgis, Visualisasi Peta
share TWEET PIN IT share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *