Feature Image Blog Cara Membuat Animasi Data Time Series dengan QGIS

Tutorial Membuat Animasi Data Time Series Menggunakan QGIS

June 19, 2020 261 0

Terdapat berbagai macam opsi yang bisa dipilih untuk memvisualisasikan data-data spasial, tergantung tema dan jenis data spasialnya serta media apa yang akan digunakan untuk memvisualisasikannya. Untuk data-data time series seperti data cuaca, perubahan lahan, bencana, maupun data tweet, salah satu model visualisasi yang menarik adalah dengan animasi. Bentuk visualisasi animasi ini tentunya tidak bisa dilakukan jika media yang akan digunakan adalah media cetak, akan tetapi hanya berjalan di media digital.

Contoh data spasial time-series yang akan digunakan dalam tutorial kali ini adalah data gempabumi, yang memiliki tipe data berupa point/titik, dengan berbagai data atribut. Adapun salah satu data yang manarik dan bisa dikombinasikan dengan animasi waktu kejadiannya adalah data magnitude (divisualisasikan dengan simbol proporsional). Detail lengkapnya, mari langsung saja kita masuk ke bagian langkah-langkah pembuatan animasi data gempabumi di software QGIS.

  • Siapkan data dengan atribut timestamp. Dalam tutorial ini data yang digunakan adalah data gempabumi di Indonesia yang terjadi sepanjang tahun 2019. Data ini diunduh melalui earthquake.usgs.gov/earthquakes/search.
READ  Geospasial PDF (GeoPDF) Format File Eksport Baru yang Menarik di QGIS
Tutorial Membuat Animasi Data Time Series Menggunakan QGIS - Earthquake USGS

Sedikit penjelasan bagi yang ingin mengunduh (dengan pengaturan waktu dan area yang berbeda), (saran Saya pribadi) silakan unduh dalam format CSV. Hal ini karena untuk format GeoJSON, field time dan update ditampilkan dalam format long integer, bukan datetime. Dari format CSV yang sudah didownload, kemudian konversi menjadi data spasial sebaran point/titik (dengan memanfaatkan kolom latitude dan longitude). Bagi yang belum tahu caranya, silakan simak tutorialnya di: Cara Membuka/Manambahkan Tabel Data Koordinat XY (Add & Display XY Data). Tapi, bagi yang mau langsung saja menggunakan data yang sama dengan tutorial ini, silakan unduh datanya di link berikut ini:

Download Data Gempabumi 2019 Indonesia: Sruput Gan! (Password: TahuLaukku-SpasialkanCOMInspirasiku).

  • Buat project baru diQGIS kalian, kemudian inputkan data spasial time series,
  • Install dan aktifkan plugin TimeManager di QGIS kalian, baik QGIS versi 2 (versi 2.5) maupun QGIS versi 3 (versi 3.4) sama-sama bisa.
  • Dari menu plugin TimeManager, klik “Settings”
  • Pada bagian Layers, klik “Add Layer” > isikan pengaturannya kurang lebih seperti berikut ini:
Tutorial Membuat Animasi Data Time Series Menggunakan QGIS - Settings Time Manager
  • Pada bagian Animations Options, kalian bisa set seperti berikut:
READ  Cara Mudah Membuat WebGIS dengan Google Maps API

Bagian “Show frame for”nya, silakan perkecil nilai milisecondsnya jika ingin perubahan frame ke framenya berjalan cepat, begitu pula sebaliknya.

Centang “Looping animation” dan “Display frame start time on map” > kemudian tentukan style time displaynya sesuai selera kalian

Cara Membuat Animasi Data Time Series dengan QGIS - Animation Options Time Manager
  • Dari menu plugin TimeManager, tentukan nilai “Time frame size”, di sini Saya mengatur pada nilai ‘1 hari’.
  • Optional, silakan install OpenLayers Plugin, kemudian tambahkan basemap ke dalam project QGIS kalian, misalnya saja basemaps dari OpenStreetMap (OSM)
  • Klik icon “turn on” dari menu plugin TimeManager, kemudian Play animation untuk melihat hasilnya.
Cara Membuat Animasi Data Time Series dengan QGIS - Play Export Video Time Manager
  • Jika ingin mengeksportnya menjadi video animasi, silakan klk dulu tombol “Export Video” > tentukan output directory-nya > Terkait frames only atau animated gif, sejauh percobaan Saya menggunakan OS Windows 10, hasilnya kurang lebih sama > Animation frame delay biarkan default > klik “OK”
  • Kalian bisa mengubah frame gambar .*png ke animasi .*gif melalui website https://ezgif.com/maker
  • Hasilnya kurang lebih seperti yang ada di tutorial video channel Youtube Spasialkan.COM berikut ini:
READ  Beralih dari ArcGIS ke QGIS, Mungkinkah? | Bagian Kedua

Tags: Animasi Time Series, gempa bumi, indonesia, QGIs3, tutorial qgis, visualisasi peta Categories: Data Spasial, GIS, Peta, QGIS, Tutorial, tutorial qgis, Visualisasi Peta
share TWEET PIN IT share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *