Ebook Modul Tutorial QGIS dan INAsafe untuk Penanggulangan Bencana (Disaster Management)

Modul Tutorial QGIS dan InaSAFE untuk Penanggulangan Bencana

March 30, 2018 123 0

SIG untuk Penanggulangan Bencana
SIG memiliki peranan penting dalam penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana bertujuan untuk mengelola dan mendukung kesiapsiagaan, mitigasi, pencegahan, respon dan rehabilitasi pemerintah dan komunitas dari kejadian bencana yang potensial seperti gempa atau tsunami. Tujuan dari penanggulangan bencana ini adalah untuk meminimalisir korban serta kerugian jika terjadi bencana.

Sebelum merencanakan penanggulangan bencana, sebaiknya pertimbangkan skenario-skenario potensial bencananya. Seorang pengelola penanggulangan bencana akan bertanya:

  • Bencana seperti apa yang mungkin terjadi?
  • Bagaimana mencegah bencana tersebut?
  • Seberapa besar dampaknya?
  • Siapa yang bertugas untuk membantu?
  • Bantuan apa saja yang diperlukan?
  • Apa yang harus kita lakukan ketika bencana sudah terjadi?
  • Dimana area prioritasnya?
READ  E-book: Tutorial Data Analysis using QGIS and InaSAFE [Intermediate Level]

Dengan kata lain, penanggulangan bencana menjawab pertanyaan siapa melakukan apa, dimana dan kapan?

Sebuah Sistem Informasi Geografis dapat membantu para perencana menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, khususnya elemen spasial penting dari rencana kontinjensi. SIG dapat digunakan untuk memeragakan kejadian bencana sehingga bencana dapat diprediksi dengan lebih baik.

SIG juga dapat digunakan untuk merencanakan rute evakuasi sebelum terjadi bencana. Saat bencana terjadi, SIG dapat juga memegang peran dalam fase tanggap darurat. SIG dapat digunakan untuk memetakan area terdampak dan lokasi-lokasi pengungsian sehingga para relawan dan bantuan dapat diarahkan langsung ke lokasi-lokasi yang paling membutuhkan. Setelah terjadi bencana, SIG dapat juga digunakan untuk merencanakan rehabilitasi dan rekonstruksi. Secara keseluruhan, SIG membantu dalam melakukan analisis dari sebuah bencana, kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan dan peluang untuk mengurangi risiko.

READ  Ebook: Tutorial Menganalisis Data dengan QGIS dan InaSAFE [Tingkat Dasar]

Sumber: HOT & DMInnovation. QGIS and InaSAFE for Disaster Management. Public Domain

Modul Tutorial QGIS dan InaSAFE untuk Penanggulangan Bencana
5 (100%) 7 votes

Tags: bencana, ebook, InaSAFE, modul, pdf, qgis, tutorial Categories: Bencana, Ebook, GIS, Inasafe, Modul, OpenStreetMap, OSM, QGIS, Sistem Informasi Geografi (SIG)
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *