Download Batrimetri Nasional dan DEMNAS 8 meter Nasional Indonesia

Download Data Batimetri Nasional & DEM Indonesia Resolusi Tinggi Gratis

April 7, 2019 1384 0

DEMNAS (Free DEM Indonesia Resolusi Tinggi)

Sekitar akhir Juli 2018 BIG (Badan Informasi Geospasial) merilis data DEMNAS (Digital Elevation Model Nasional). DEMNAS ini memiliki resolusi spasial yang cukup tinggi/detail yakni 0.27 arcsecond (atau kalau dikonversi sekitar 8 meter). Bagi yang terbiasa menggunakan data elevasi gratisan dari ASTER GDEM atau SRTM, boleh deh mulai sekarang beralih menggunakan data DEMNAS untuk mendapatkan informasi ketinggian yang lebih detail.

DEM Nasional (datum vertikal EGM2008) dibangun dari beberapa sumber data, diantaranya adalah IFSAR (resolusi 5m), TERRASAR-X (resolusi 5m) dan ALOS PALSAR (resolusi 11.25m), dengan menambahkan data Masspoint hasil stereo-plotting.

Berikut contoh tampilan data DEMNAS:

Cara Download DEM Nasional_Contoh Tampilan DEMNAS Bromo

Data DEMNAS bisa didownload secara gratis untuk area seluruh Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua).

READ  Cara Membuat WebGIS dengan Plugin QGIS2Leaf (LeafletJS) di QuantumGIS

BATNAS (Batimetri Nasional)

Data batimetri yang berisikan informasi kedalaman air (laut dan danau) dirilis BIG beberapa bulan setelah DEMNAS. Resolusi spasial data BATNAS adalah 6arc-second (kurang lebih 180 meter) dengan menggunakan datum MSL (Mean Sea Level) dan EGM2008. Resolusi tersebut tergolong detail bila dibandingkan data batimetri global yang bisa diunduh secara gratis.

Data batimetri ini mempunyai keunggulan di daerah pesisir dan perairan dangkal karena menggunakan survei dari Pusat Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP), BIG. Secara garis besar, data Batimetri Nasional dibuat dari hasil inversi data gravity anomaly hasil pengolahan data almetri dengan menambahkan data pemeruman (sounding) yang dilakukan oleh BIG, NGDC, BODC, BPPT, LIPI, P3GL dan lembaga lainnya dengan survei single maupun multibeam.

Berikut contoh tampilan data BATNAS:

READ  Tutorial WebGIS Animasi 3 Dimensi dengan QGIS2ThreeJS
Cara Download Batrimetri Nasional_Contoh Tampilan BATNAS Samudera Hindia

Data BATimetri NASional dapat didownload free untuk area perairan Indonesia dan sekitarnya (dari 90 sampai 150BT dan dari 20LS sampai 20LU, terbagi menjadi 96 lembar).

TUTORIAL

  1. Lakukan register (tides.big.go.id/DEMNAS/register.php) terlebih dahulu bila belum memiliki akun,
  2. Login (tides.big.go.id/DEMNAS/login.php) jika sudah mempunyai akun,
  3. Download DEMNAS (DEM Nasional) melalui laman tides.big.go.id/DEMNAS,
  4. Download BATNAS (Batimetri Nasional) melalui halaman tides.big.go.id/DEMNAS/Batnas.php.

Sumber Penjelasan: http://tides.big.go.id/DEMNAS

Berikut adalah webgis yang menampilkan indeks (lembar) peta dari data DEMNAS dan BATNAS. Bisa juga digunakan untuk mengunduh datanya, dengan link/URL yang mengarah ke servernya BIG.

Tags: Batimetri Nasional, BATNAS, cara download, DEMNAS, Resolusi Tinggi, tutorial Categories: Data Spasial, GIS, Peta, Tutorial
share TWEET PIN IT SHARE share share
identicon Rifki Fauzi

Alumni kampus biasa-biasa saja, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *