Tutorial Visualisasi 3 Dimensi Relief Permukaan Bumi Anaglyph - Tampilan Anaglip

Tutorial Visualisasi 3 Dimensi Anaglyph dengan 3DEM

May 10, 2018 142 0

Metode visualisasi tiga dimensi secara anaglip bisa dikatakan jadul karena penemuannya sudah sejak abad ke-18, dan kini penggunaannya sudah mulai tergeser oleh metode polarisasi, dan mungkin juga metode citra bertampalan dengan stereoskop. Hanya saja metode tersebut relatif mahal dari sisi harga alat bantu pengamatannya, sehingga kemungkinan besar tidak semua orang memiliki akses pada metode visualisasi tersebut. Berbeda dengan metode anaglyph yang sangat murah. Bahkan alat bantu pengamatannya bisa dibuat sendiri. Kalaupun terpaksa beli, yang seharga 5 ribuan rupiah juga ada.

Di lain sisi, penggunaan anaglyph hingga sekarang cenderung pada bidang perfilman, dengan kata lain belum banyak diadopsi pada citra satelit penginderaan jauh. Hal ini karena memang hampir semua orang yang ‘berjalan’ dibidang pengolahan citra penginderaan jauh, lebih suka membuat visualisasi relief permukaan bumi secara 3 dimensi dengan menggunakan metode hillshade atau animasi 3 dimensi, yang juga murah dan mudah dibuat.

READ  Tutorial WebGIS Visualisasi 3 Dimensi dengan MapBox

Tutorial ini akan menjelaskan cara membuat visualisasi 3 dimensi dari relief permukaan bumi dengan menggunakan metode anaglyph. Tujuaannya sendiri cukup sederhana, yaitu supaya semakin banyak yang tahu bahwa metode visualisasi 3D dengan data citra satelit penginderaan jauh yang murah tidak hanya hillshade dan animasi 3 dimensi. Ok, langsung saja masuk ke bagian detailnya:

  • Download dan install perangkat lunak 3DEM hangsim.com/3dem (kalau linknya sudah tidak bisa, silakan cari yang lain, karena website aslinya memang sudah closed)
  • Jalankan perangkat lunak 3DEM
  • Buka DEM File, misalnya menggunakan citra SRTM v.3 (void filled) 1 arcsecond (30 meter) 1 tiled dengan format file Geotiff

Buka File DEM

  • Jika ingin mempercepat proses, silakan perkecil area kajiannya
READ  Cara Download Peta RBI (Rupabumi Indonesia) Digital (shp/gdb) Gratis

Subsets Data

  • Masuk ke tab ‘operation’ dan pilih ‘3D Scene’, atau bisa juga langsung tekan ‘F2’ dikeyboard. Untuk mendapatkan visualisasi 3 dimensi secara anaglyph, sebenarnya pengaturan pokok ada pada ‘projection type’, yakni R/B (Red-Blue). Adapun pengaturan lain bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3D Scenes

  • Visualisasi anaglyph akan muncul di jendela baru. Untuk menggeser-geser tampilan tidak bisa dilakukan langsung dari mouse, tetapi harus mengaktifkan dulu fitur ‘Change Position’ (F6). Dengan fitur tersebut tampilan anaglyph bisa diputar atau digeser.

Tampilan 3D Anaglip

  • Visualisasi anaglyph dapat disimpan dalam bentuk file gambar (*.bmp, *.jpeg, *.tif, *.rgb, dll), maupun dicetak dikertas atau dalam format *.pdf. Namun demikian, visualisasi anaglyph tidak dapat disimpan dalam gambar resolusi besar.
READ  Modul Tutorial QGIS dan InaSAFE untuk Penanggulangan Bencana

Print Citra Anaglyph

  • Terlepas dari beberapa kelemahannya (tidak support filter warna selain Red-Blue, tidak bisa di save high-ress, dst), kelebihan dari pembuatan anaglyph dengan 3DEM adalah kemampuannya untuk divisualisasikan dalam segala sudut pandang, tidak hanya dari atas (seperti tampilan yang dihasilkan oleh kebanyakan software).
Tutorial Visualisasi 3 Dimensi Anaglyph dengan 3DEM
4.7 (93.33%) 3 votes

Tags: 3dem, anaglyph imagery, cara, citra anaglip, SRTM, tutorial, visualisasi 3 dimensi Categories: Citra Penginderaan Jauh, Tutorial, Tutorial Anaglyph
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *