Tutorial Download Data Spasial Digital OSM OpenStreetMap - Peta SHP

Tutorial Download Data Spasial Digital OpenStreetMap (OSM)

May 12, 2018 196 0

BPS mengatakan “data mencerdaskan bangsa”, sayangnya data-data spasial di Indonesia ini belum banyak yang bisa diakses secara gratis, atau bisa jadi sebenarnya sudah disebar secara cuma-cuma sejak lama, tapi orang tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya. Di tulisan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara mendapatkan data spasial digital, yang memang sudah sejak lama gratis tapi belum banyak dimanfaatkan. Faktornya bisa karena memang belum tahu cara mendapatkannya (seperti yang sudah disinggung sebelumnya), atau yang lebih parah lagi tidak tahu kalau data itu ada.

Data spasial digital yang akan kita sedot adalah OpenStreetMap, yang dikenal juga dengan istilah OSM. Bagi yang belum tahu, data OpenStreetMap (OSM) ini bersifat terbuka, tidak hanya siapa saja berhak menjadi kontributor untuk menambahkan data pada OpenStreetMap, tetapi juga siapa saja berhak mengakses dan menggunakannya. Data OpenStreetMap dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang memanfaatkan Sistem Informasi Geografi (SIG), contoh paling banyak dijumpai misalnya adalah digunakan untuk basemap dalam webgis. Namun demikian sebenarnya bisa diunduh (download) dan diolah lebih lanjut menjadi informasi baru yang diperuntukkan dalam pembuatan peta bangunan 3 dimensi, manajemen bencana, perencanaan wilayah, dan lain-lain.

READ  Cara Menambahkan & Membuka Layer WMS - WFS dengan QGIS

Sedikitnya ada empat cara untuk mendapatkan (download) data OSM, yaitu:

  • GeoFabrik

GeoFabrik OSM

Geofabrik adalah perusahaan konsultan dan pengembangan perangkat lunak berbasis di Karlsruhe, Jerman yang mengkhususkan diri dalam layanan OpenStreetMap. Untuk mengunduh data OSM Indonesia bisa langsung melalui halaman ini download.geofabrik.de. Terdapat beberapa format file yang bisa dipilih, mulai dari *.pbf, shapefiles dalam *.zip, hingga osm.bz2. Sayangnya data OSM untuk Indonesia yang ada di GeoFabrik tidak dibagi dalam beberapa region (seperti provinsi, kabupaten, atau lainnya), sehingga hanya bisa mengunduh data dengan cakupan area seIndonesia.

  • Tool Eksport

Tool Export OSM

Tool ini dapat diakses melalui laman OSM, yakni openstreetmap.org. Berbeda dengan fitur kontribusi (edit) yang hanya aktif jika sudah melakukan login, fitur ekspor dapat digunakan tanpa perlu login dahulu. Di sisi lain, dibandingkan dengan GeoFabrik yang hanya bisa mendownload data dengan lingkup area seIndonesia, fitur Ekspor ini justru bisa dibilang kebalikannya. Ada batas maksimal area yang bisa diproses dalam sekali unduhan, sehingga jika lingkup areanya terlalu luas tombol untuk mengekspornya tidak akan muncul. Bahkan sekalipun sudah muncul, ketika diklik tombol ekspornya proses download terkadang gagal, yang mengindikasikan bahwa areanya masih terlalu luas.

READ  Modul Tutorial QGIS dan InaSAFE untuk Penanggulangan Bencana

Format data spasial digital yang dihasilkan dari tool ekspor adalah *.osm (OpenStreetMap File), yang bisa dibuka dengan menggunakan QGIS. Hampir mirip dengan geodatabase, file *.osm ini terdiri dari beberapa tipe data, mulai dari titik, garis, hingga area (semua data OSM yang berada dalam area kajian unduhan).

  • QGIS

QGIS OSM

Konsep download data OSM melalui perangkat lunak QGIS ini bisa dikatakan mirip dengan tool ekspor di openstreetmap.org, yakni menggunakan bounding box coordinates. Hanya saja, dengan mengunduh melalui QGIS kita dapat pula menentukan batas areanya menggunakan shapefile.

Tidak perlu menginstall plugin tambahan, untuk melakukan proses pengunduhan data OSM cukup masuk ke menu ‘vector’ > ‘OSM’ > ‘Download Data’. Selanjutnya menentukan area yang akan didownload serta lokasi penyimpanannya. Adapun format file yang dihasilkan adalah *.osm (lagi-lagi mirip dengan tool Export openstreetmap.org 😊).

  • Overpass Turbo
READ  Modul Tutorial OSM - Pelatihan OpenstreetMap

Overpass Turbo adalah fitur filter data OSM berbasis web. Dengan overpass turbo, kita dapat menjalankan query Overpass API kemudian mengunduh atau menganalisis data OSM yang dihasilkan secara langsung. Bagi yang penasaran silakan menuju lamannya langsung di sini overpass-turbo.eu.

Jika pada cara-cara sebelumnya cenderung mengunduh semua jenis data OSM, maka di Overpass Turbo ini kita bisa memilih datanya secara spesifik. Caranya mudah, yakni cukup menuliskan nama tag dan nilainya, kemudian klik tombol ‘Run’ dan ‘Export’. Format file yang didukung Overpass Turbo cukup beragam, diantaranya GeoJSON, GPX, KML, dan OSM.

Sebagai contoh untuk mengambil data lokasi bank atau halte trans jogja, bisa dilakukan dengan code seperti dibawah ini. Silakan dicari-cari saja di Wiki OpenStreetMap untuk jenis-jenis tag dan nilai lainnya.

Overpass Turbo OSM

Sekian tutorial mendapatkan data spasial digital OpenStreetMap ini, jangan lupa share jika dirasa bermanfaat, dan jika masih bingung silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Tutorial Download Data Spasial Digital OpenStreetMap (OSM)
4.5 (90%) 2 votes

Tags: cara download, data spasial, OpenStreetMap (OSM), osm, tutorial Categories: Data Spasial, OpenStreetMap, OSM, Peta, QGIS
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Related Posts
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *