Sabang Sail 2017_Menjelajahi Banda Aceh dan Pulau Weh Sabang

[Story Maps] Menjelajahi Banda Aceh & Pulau Weh #SailSabang2017

December 18, 2017 99 4 0

 

Sail Sabang 2017 – Berkat tulisan “Anda Orang Tua? Yuk Hindari Anak Hilang dan Membolos Sekolah dengan Geospasial”, “Meningkatkan Efektifitas Pengiriman Barang/Paket dengan Posisi Koordinat”, dan “Travelling Anti Tersesat dengan Geospasial”, akhirnya Saya berkesempatan untuk menjelajahi salah satu pulau yang letaknya di ujung Indonesia, yakni Pulau Weh (atau mungkin lebih dikenal dengan Pulau Sabang). Tepatnya 2 – 6 Desember 2017 lalu Saya bertolak ke Sabang untuk mengikuti acara Sail Sabang 2017, bersama 2 pemenang kompetisi Blog #GeospasialUntukKita lainnya dan tim dari BIG (Badan Informasi Geospasial).

Rangkaian acara Sail Sabang 2017 sendiri sebenarnya dilaksanakan mulai dari 28 Oktober hingga 5 Desember 2017. Adapun puncak acara Sail Sabang 2017 yang mulanya akan dilaksanakan tanggal 5 Desember, dimajukan menjadi 2 Desember 2017 karena suatu hal. Saya yang baru berangkat dari Yogyakarta tanggal 2 Desember sudah barang tentu tidak bisa mengikuti puncak acara tersebut. Sejujurnya sedikit kecewa, tapi ya mau bagaimana lagi.

READ  Tutorial WebGIS Animasi 3 Dimensi dengan QGIS2ThreeJS

Akhirnya, tetap rileks, toh Pulau Weh mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, Saya fikir terlewatkan dari puncak acara Sail Sabang 2017 tidak perlu disesalkan lebih lanjut. Lalu, apa saja tempat wisata menarik di Pulau Weh? Berikut saya sajikan informasinya dalam bentuk story maps dimulai dari penerbangan di Yogyakarta hingga kembali lagi setelah mengikuti rangkaian Sail Sabang 2017.

Sabang Sail 2017_Story Maps Boundless Menjelajahi Banda Aceh dan Pulau Weh

Boundless Story Maps Sabang Sail 2017

 

Sabang Sail 2017_Story Maps ESRI Menjelajahi Banda Aceh dan Pulau Weh

ESRI Story Maps Sabang Sail 2017

Story Maps ini dibuat dengan memanfaatkan Platform Boundless dan ESRI. Akses ke story maps bisa dilakukan dengan klik salah satu gambar di atas. Keduanya secara konten sama, perbedaan hanya pada platform yang digunakan untuk membuat story mapsnya. [Disarankan untuk mengakses story maps menggunakan PC/komputer, walaupun bisa juga diakses via perangkat mobile/smartphone].

READ  Cara Download Peta RBI (Rupabumi Indonesia) Digital (shp/gdb) Gratis

Bagi yang tertarik menjelajahi Banda Aceh dan Sabang, berikut adalah beberapa leaflet yang mungkin akan bermanfaat. Klik saja untuk mengaksesnya.

WISATA ADVENTUREhttps://drive.google.com/file/d/1rMo_O6LrgAObQCsH8sNSkao22Favxv5b/view?usp=sharing

WISATA KULINERhttps://drive.google.com/file/d/1ILimaKf9xIabnQ1ShgBmR8W0lraqikFC/view?usp=sharing

WISATA SABANG (PULAU WEH)https://drive.google.com/file/d/12RLYSe47ppp80Ynpdz9K3wGRqf37ayNa/view?usp=sharing

RANGKAIAN KEGIATAN SAIL SABANG 2017https://drive.google.com/file/d/1jBo_rmTUQNY--WS7nBpJ4jY41ssziEFh/view?usp=sharing

 

 

[Story Maps] Menjelajahi Banda Aceh & Pulau Weh #SailSabang2017
4.9 (98.57%) 14 votes

Tags: 2017, Banda Aceh, Explore, sail sabang, Story Maps Categories: Backpacker Geospasial, GIS, WebGIS, WebGIS Indonesia
share TWEET PIN IT SHARE share share
mm Rifki Fauzi

Seorang mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yang mulai menemukan minatnya di dunia pemetaaan, khususnya WebGIS. Sejauh ini cukup paham dengan Geoserver, MS4W, Arcgis Server, Leaflet Js, Openlayers, Google Map API, PostGIS/PostgreSQL, dan SQL Server.

Comments
  1. -

    Wih siap menjelajah lagi kalau diajak ke Sabang…

    1. mm

      -

      Jelas kalau itu Mas

  2. -

    Vlog sail sabangnya mana gan?

    1. mm

      -

      Nggak bisa ngeVlog ane, Gan. hehe

Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *